Monday 23 May 2016

Mengatasi Printer Canon Mencetak Tidak Lurus


Sobat Printer -Printer inkjet memang menjadi pilihan pengguna printer,terlebih printer jenis ini fungsinya yang lebih variatif, printer jenis ini juga harganya yang cukup terjangkau.Namun dibalik semua itu printer jenis ini memang sering mengalami kerusakan.

Biasanya dalam beberapa kasus printer jenis ini biasanya sering terjadi masalah pada tinta  yang macet karena tintanya yang memengering,sehingga hasil cetaknyapun jadi garis atau tidak keluar sama sekali.

Adapun pada kasus yang saya temui kali ini yaitu hasil printnya yang tidak lurus atau berkelok-kelok.Dalam kasus seperti ini terkadang kita beranggapan bahwa kerusakan terjadi pada catridge printer sehingga anda langsung melakukan pergantian pada catridgenya atau membawanya ke tempat servis.

Namun sebenarnya masalah pinter yang hasil mencetaknya tidak lurus itu bukan karena catridgenya yang rusak melainkan terdapat kotoran yang menempel pada bagian sensor yang dinamakan encoder dan dekoder.

Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit wejangan mengenai printer yang hasil cetaknya tidak lurus.

1. Encoder kotor atau rusak



Encoder sendiri berfungsi untuk mengubah perintah yang di konfersi dari bentuk desimal menjadi binar atau dengan kata lain yaitu mengubah data dari komputer menjadi cetakan teks ataupun gambar.

sehingga jika terjadi ada kotoran yang menempel pada encoder printer,maka hasil cetak prnter pun tidak akan sempurna,atau hasil cetaknya tidak lurus.

Bentuk dari encoder ini mirip seperti pita panjang namun terbuat dari plastik,biasanya terdapat dibagian tengah printer.

solusinya yaitu dengan membongkar printer lalu bersihkan encoder dari tinta atau kotoran yang menempel pada encoder tersebut.Namun apabila setelah dibersihkan hasil cetak tetap tidak lurus coba lakukan pergantian pada encodernya atau membawanya ke tempat service.

2.Decoder Kotor atau rusak 

 Decorder sendiri biasanya terletak pada sebelah kiri pada bagian bawah printer.Decoder ini juga berfungsi sebagai sensor pada printer serta jika terdapat kotoran yang menempel atau rusak dapat menimbulkan hal serupa,yaitu hasil cetaknya tidak lurus.

solusinya sama seperti diatas yaitu dengan membongkar printer lalu membersihka bagian decodernya.jikalau setelah melakukan pembersihan akan tetapi hasil cetaknya masih tidak lurus maka docodernya harus didanti.

Nah Sobat printer, demikianlah penyebab serta solusi printer yang hasil cetaknya tidak 
lurus.

Semoga Bermanfaat !!
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: