Monday 8 January 2018

Mengatasi Printer Epson L120 tinta tidak keluar dengan membersihkan Headnya


Sobat Printer - Mengatasi Printer Epson L120 tinta tidak keluar atau hasil cetak yang kosong memang tidaklah sesulit yang dibayangkan.Namun demikian akan terasa sulit jika sobat tidak mengetahui tata-caranya atau belum pernah mencoa melakukan perbaikan pada prinnter tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatn kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengatatasi printer L120 tinta tidak keluar sesuai apa yang saa coba dan saya praktekan dan alhamdulillah berhasil.

Namun sebeluum masuk ke tahap perbaikan ada baiknya sobat terlebih dahulu mengetahui penyebab serta analisa terhadap kerusakan yang terjadi yang mengakibatkan printer L120 sobat tintanya tidak keluar.

Penyebab Printer L120 Tinta Tidak Keluar Dengan Cara Cleaning 

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi yang dapat menyebabkan tinta pada printer Epson L120 sobat tidak keluar atau hasil print kosong molongpong alias blang.
* pertama hal tersebut dapa terjadi akibat head pada printer mampet akibat  tersumbat  tinta yang kering yang biasanya diakibatkan oleh karena printer jarangdi gunakan atau tidak dilakukan perawatan yang konsisten terhadap printer.
* kedua Penyebab Tinta Espn L120 tidak keluar bisa terjadi akibat terdapat angin masuk pada catridge printer yang hal ini terjadi biasanya akibat pengisian tinta tidak  teratur atau dengan kata lain ketika melakukan pengisian tinta dalam keadan kosong atau habis sehingga pas melakukan cleaning udara banyak yang masuk.

Cara mengatasi Printer epson L120  Tinta Tidak Keluar - Dengan Membersihkan Headnya 

pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan baggaimana caranya mengatasi printer epso L120 tinta tidak keluar dengan cara mengcleaningnya secara otomatis atau dengan komputer.Adapun jika sobat belum mecobanya sobat bisa pelajari tutorialnya

Adapun cara yang akan saya bahas selanjutnya adalah lanjutan dari cara diatas apabila sudah dilakukan proses cleaning tetapi tinta masih belm juga keluar maka sobat bisa mencoba langkah yang akan saya jelaskan selanjutnya, adapuun cara-caranya adalah sebaai berikut:

1. Pastikan printer dalam posisi mati/of, setelah itu Geser rumah catridge kekanan lalu tekan pengunci rumah catridge agar rumah catridge dapat di gerakan ketengah bagian prinnter lihat gambar dibawah :




2.Setelah posisi catridge berada pada bagian tengah jalur lalu buka penutup catride dengan melepas baut yang mengikatnya dengan menggunakan oobeng , Setelah itu lepas catridge dari rumah catridge.



3. Seetelah Catridge terlepas,kemudian masukan cairan pembersih head kedalam head menggunakan suntikan secara perlahan.lalu biarkan selama 15-30 menit.


4.sambil menunggu catridge yang sedang direndam,lakukan penyedodan pada catridge agar tidak ada angin palsu didalam catridge yang menyebabkan tinta tida keluar.

5. Setelah selesai di rendam, kemudian pasang kembali catridge pada rumahnya lalu jangan lupa pasang kembali penutup catridge beserta bautnya.

Setelah semua proses selesai, lakukan cleaning beberapa kali agar tinta masuk ke head dengan cara sesuai artikel sebelumya. jika proses berhasilmaka printer sobat akan kembali normal dan tinta printer kembali keluar/tidak macet.


nah itulah sedikit tutorial terkait cara mengatasi Printer epsoon L120 tidak keluar tinta dengan membersihkan headnya dari saya semoga dapat membantu mengaasi massalah pada printer sobat.

semoga bermanfaat!!



Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: