Tuesday 31 October 2017

Mengatasi Printer Laserjet Hasil Cetak Tidak Tajam/Hasil Cetak Blur Dengan Cara Manual

Sobat Printer - Dalam mengatasi Masalah Pada sebuah printer memang memerlukkan sebuah keahlian khusus dan juga terkadang memerlukan peralatan yang cukup, terlebih jenis printer yang akan diperbaiki adalah printer jenis laserjet yang mana memang printer tersebut tergolong rumit untuk diperbaiki.Namun demikian tidak ada salahnya jika sobat melakukannya sendiri karena alasan tertentu,misalkan malas untuk membawa ke tempat service atau tidak ada biaya untuk memperbaikinya.Adapun jika masalah yang terjadi yaitu printer laserjet hasil cetak tidak tajam bisa disebabkan oleh beberapa hal yang nanti akan saya bahas diparagraf selanjutnya.



Pertama.
Kadang yang dimaksud tidak tajam itu tidak hitam, hasilnya hanya kecoklatan, walau sudah pakai cetak blok 100%. Pada kasus ini sebenarnya hasilnya cukup tajam, tetapi karena kurang hitam jadi terkesan tidak tajam. 
Ciri problem tipe ini hasil cetak garis tipis (hair line) nampak terlihat, blog tidak hitam. 

Ada beberapa sebab mengapa printer laserjet hasil cetaknya tidak tajam, diantaranya part mendekati aus karena sudah terlalu lama. Ini kadang juga terjadi pada toner original pada printer tipe lama, toner katrid tersimpan lama di toko, baru dibeli dan dipakai, kadang sudah bocor atau tidak hitam lagi hasilnya. 

Solusinya  yaitu dicari part yang telah aus dan diganti part yang baru. Kadang serbuk tonernya juga perlu diganti yang baru. 
Part yang biasa menyebabkan kurang hitam yaitu drum, magnet roll dan doctor blade.

Baca Juga:Mengatasi Printer Canon Mencetak Lambat

Kedua.
Memang benar tidak tajam hasilnya, garis tipis tidak muncul/kelihatan, cetak raster (blok tipis) juga tidak nampak, tetapi blok hitam tetap nampak hitam dan solid. 

Anda bisa mengeceknya dengan mencetak text dengan ukuran kecil, cetak raster tipis dan cetak blok 100%. Kalau text kecil dan raster tipis tidak muncul tapi blok bagus, maka problemnya positif tipe ini. 

Penyebab problem ini adalah optik pada ujung laser diode kotor oleh debu. 

Solusinya bersihkan memakai cairan khusus yang bersifat lunak, tidak merusak optik, tidak keras dan mudah menguap.

Ketiga 

Penyebab terjadinya Printer laser memcetak kurang tajam biasanya kemunkinan terakhir yaitu tinta printer yang akan habis,hal ini terkadang tidak disadari oleh kita karena ketidaktahuan ataupun faktor lainya.

Solusinya yaitu sobat tinggal meakukan refil/atau pengisian kembali tinta  serbuk pada toner printer laser tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi printer laserjet yang hasil cetaknya tidak tajam/hasil ceaknya blur.
Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi masalah printer sobat.


Selamat Mencoba !!!
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: