Friday 27 October 2017

Cara Mudah Mengatasi Epson C90 T13 T20 Lampu Merah Menyala

Sobat Printer - Ketika sebuah printer digunakan pada suatu saat level tintanya akan mencapai maksimum sehingga printer tidak bisa digunakan untuk melakukan proses print. Pada kondisi ini biasanya printer mengeluarkan pesan berupa munculnua indikator berupa menyalanya lampu indikator tinta serta notifikasi pada komputer yang terhubung dengan printer yang bersangkutan. 

Indikator yang muncul pada komputer biasanya berupa pesan bahwa tinta tidak terdeteksi yang ditandai dengan tanda silang pada catridge yang tidak terdeteksi tersebut. Indikator ini muncul saat proses print atau juga bisa dilihat di properties driver printer tersebut. 

Begitu juga dengan printer Epson C90, T11 dan T20  yang akan kita bahas di sini. Printer ini termasuk printer yang sudah lawas sehingga mungkin penggunanya pun sudah jarang. Namun walaupun begitu di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi permasalah tinta tidak terdeteksi pada printer ini. Berikut ini adalah gejala yang muncul ketika tinta tidak terdeteksi. Lampu indikator tinta ( warma merah )menyala pada saat printer dinyalakan atau tepatnya pada saat printer melakukan kalibrasi. 

Lampu indikator power dan indikator tinta menyala diam. Jika lampu indikator tinta menyala tetapi indikator power mati, itu menandakan printer dalam keadaan general error dan tidak bisa menggunakan cara yang dijelaskan pada tulisan ini.  Muncul pesan di status monitor pinter pada komputer yang terhubung ke printer tersebut. 

Pesan tersebut berupa pop up  yang muncul pada saat akan melakukan print. Pada jendela pop up tersebut akan terlihat tinta warna apa yang tidak terdeteksi yang ditandai dengan tanda silang. Untuk cara mengatasi tinta tidak terdeteksi pada printer epson C90,T11 dan T20 ini, anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini. 1. 

1.Dengan cara Reset Chip Catridge  


Jika anda menggunakan tinta original pada langkah awal adalah dengan membersihkan bagian chip pada catridgenya  dan jika masih tidak terdeteksi berarti sudah waktunya anda membeli catridge yang baru. 

Untuk yang menggunakan sistem infus anda bisa memulainya dengan mereset chip pada catridgenya. Cara meresetnya yaitu dengan menekan tombol yang ada pada chip catridge tersebut. Silahkan tekan tombol tersebut beberapa detik, kemudian tekan tombol indikator tinta. 

Setelah anda menekan tombol indikator tinta, catridge akan bergerak ke tengah dan berhenti. pada posisi ini rumah catridge akan menunjukan catridge warna apa yang tidak terdeteksi. Setelah itu tekan lagi tombol pada chip catridge.

Pada tahap ini jika catridge yang tidak terdeteksi hanya satu, maka catridge akan bergeser ke sisi kiri ( posisi kiri dilihat dari depan ) dan rumah catridge akan parkir disebelah kanan kemudian setelah itu lampu indikator tinta akan mati ( tinta sudah terdeteksi semuanya ).

 Namun jika catridge yang tidak terdeteksi lebih satu maka ketika rumah catridge berada di tengah dan menunjukan catridge mana yang tidak terdeteksi, setelah kita tekan tombol chip dan kemudian tekan tombol indikator tinta, maka catridge akan bergeser sedikit dan menunjukan catridge lainnya yang tidak terdeteksi, jika kita tekan lagi tombol indikator tinta, maka catridge akan bergeser lagi. Ini berarti jika semua catridge  pada printer Epson C90 ini tidak terdeteksi, maka catridge akan bergeser 4 kali di tengah sampai akhirnya rumah head parkir di sisi sebelah kanan. 

2. Membersihkan bagian chip catridge 



Langkah kedua ini yaitu dengan membersihkan titik-titik konektor pada chip catridge. berdasarkan pengalaman biasanya pada bagian ini sering terjadi korosi atau lembab sehingga menggangu koneksi chip dengan konektor board CSIC.

 Silahkan bersihkan bagian ini dengan cara menggosoknya menggunakan penghapus sampai terlihat mengkilat. Dan jika terlihat basah atau lembab silahkan keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu atau mencucinya dengan air bersih kemudian dikeringkan. Jika anda hendak mencucinya sebelum dicuci lepas dulu bagian chipnya dari catridge. 

Setelah Itu Pasang kembali Catridge dan coba gunakan printer.jika berhasil biasanya printer kembali normal dan jika masih bermasalah itu menandakan chip catridge perlu diganti.

Semoga Bermanfaat
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: