Friday 13 May 2016

Inilah Beberapa Jenis Printer Serta Fungsinya Yang Perlu anda ketahui

 Halo sobat printer seiring perkembangan jaman teknologi perkembangan teknologi semakin pesat oleh karena itu pada kesempatan kali ini ane akan sedikit menjelaskan jenis-jenis printer beserta fungsinya.

1.Printer Jenis Dotmatrix

Printer dotmatrix cara kerjanya dengan system pembentukkan karakternya  dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas.Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak Continues Form, kwitansi, bon, dan dokumen yang sudah ada cetakannya lainnya seperti Stopmap, Amplop, dll.

-Keunggulan Printer jenis dotmatrix adalah :
* Dapat mencetak rangkap sekaligus.
* Dapat mencetak ukuran kertas yang lebar.
* Biaya printer dan tinta murah
-Kekurangan Printer jenis dotmatrix adalah :
* Dpi dan ppm rendah
* Geraknya sangat lamban
* Suaranya berisik ketika bekerja
* Hanya bisa print warna hitam

2. Printer Jenis thermal.

thermal printer cara kerjanya menggunakan sumber panas untuk mencetak di atas kertas, bukan kartrid tinta yang biasa digunakan oleh printer jenis lainnya.Tehnik yang digunakan printer ini adalah mengeluarkan panas untuk setiap pin pada head print yang akan mencairkan lilin dan melekatkan pada kertas yang khusus. Prinsip kerja printer ini mirip dengan printer dot matrix hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya.Printer Jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak struk pembayaran yang biasa digunakan di tempat perbelanjaan.

- Keunggulan Printer jenis thermal adalah :
* Bentuknya relatif kecil
* Cepat dalam mencetak
* Harga relatif mahal
* Tidak bising
- Kekurangan Printer jenis thermal adalah :
* Harus menggunakan kertas khusus
* Tidak bisa mencetak kertas lebar

3. Printer Jenis Buble jet 

Printer bubble jet bekerja mencetak tulisan dengan cara memasukkan satu demi satu titik tinta cair ke area tulisan / gambar. Bubble jet adalah brand milik Canon. Printer ini memiliki kecepatan cetak mencapai 22 ppm (peper per menit) untuk monochrome dan 14 ppm untuk warna. Kemampuan cetaknya sudah mencapai 4.800X1.200 dpi (dot per inchi) yang merupakan mutu gambaran yang dicetak di atas kertas dan ukuran kertas mencapai A3+..Jenis printer ini  dilengkapi dengan card reader. Kini juga sudah tersedia printer photo portable yang dapat juga digunakan sebagai slide show.

Keunggulan Printer Jenis Buble jet :
* Stabil, respond dan suara sangat lembut.
* Dapat digunakan langsung dengan kamera tanpa perantara computer
Kekurangan Printer Jenis Buble jet :
* Cartridge mahal
* Hasil menggenang apabila terkena air

4.Printer Jenis Inkjet 
  
 Pinter jenis ini dapat mencetak  ukuran kertas yang sangat besar dengan kualitas yang baik dengan menggunakan tinta. Resolusi printer inkjet saat ini dapat mencapai 5760×1440 dpi. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil.

Keunggulan Printer Jenis  Ink jet :
* Lebih mudah dalam pengisian Tinta
* kualitas gambar yang bagus
* Dapat mencetak dengan ukuran yang besar
* Harga relatif lebih murah
 Kekurangan Printer Jenis Ink jet :
* Tidak dapat mencetak rangkap
* Sparepart relatif lebih mahal 

5.Printer Jenis Laser Jet

Printer jenis ini cara kerjanya cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, yaitu menggunakan photographic drum, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar, sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga sangat tajam dan hemat biaya tinta. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya dalam jumlah banyak.  Cocok digunakan untuk usaha Fotocopy dan Percetakan. Namun, tidak menutup juga untuk perkantoran dan home user .

Keunggulan jenis Printe Laser Jet:
* Proses mencetak lebih cepat
* Lebih hemat tinta
* ukuran Printer relatif simple
Kekukrangan Pinter Jenis Laser Jet
* Harga printer relatif lebih mahal
* Pengisian tinta yang cukup sulit

 

 

6. Printer Plotter / Wide Format Printing

Plotter merupakan salah satu peralatan outputnya dapat mencetak grafik pada surface kertas, Vinyl, Sticker, dan berbagai bahan lainnya dalam ukuran besar dengan hasil yang memuaskan. Printer ploter  cocok untuk mereka yang menerima jasa print digital outdoor dan indoor seperti banner, poster, sticker, cutting, dsb.

7. Printer DTG ( Direct to Garment)

Printer  DGT yang umumnya ada dipasaran lokal tanah air merupakan salah satu bentuk modifikasi atau pengembangan dari dunia printing yang baru. Peminat mesin ini dari dunia sablon kaos yang tadinya sablon warna manual sekarang berkembang menjadi printing kaos digital untuk dapat mencetak t-shirt / Kaos & kain secara langsung tanpa perantara ( tanpa transfer paper).
Printer DTG mempermudah para penjual kaos-kaos satuan untuk bisnis distro. Printer DTG sekarang ini menggunakan modifikasi dari printer merk Epson. Jenis tinta yang digunakannya adalah jenis tinta textil.
Selain bahan katun, printer dtg direct to garment ini juga bisa digunakan untuk mencetak sablon di atas bahan kain handuk, kain Satin, kain TC dan kayu.

 Keunggulan printer jenis ini:
* Dapat mencetak full warna
* Tinta tidak mudah luntur
* mencetak lebih cepat
* Hasil print lebih halus
Kekurangan printer jenis ini:
* Harga relatif lebih mahal
* Perawatan yang cukup sulit
* sparepart yang mahal

Demikian beberapa beberapa jenis printer dari waktu kewaktu dan sedikit penjelasanya, semoga informasi ini dapat bagi sobat printer semua...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: